Langkah Menemukan Jasa Bor Sumur yang Sudah Terpercaya

jasa-bor-sumur

Salah satu kebutuhan penting dalam hidup adalah air. Dikarenakan air ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti mandi, mencuci, dan lainnya. Namun untuk mendapatkan sumber air tidaklah mudah. Oleh sebab itulah banyak orang meminta jasa bor sumur mendapatkan sumber air untuk sehari-hari.

Apa itu Sumur Bor?

Sumur merupakan salah satu bentuk tempat untuk mendapatkan sumber air. Dimana cara pembuatannya adalah dengan mencari tahu sumber mata air terlebih dahulu. Setelah menemukan sumber mata air nantinya akan dibuat lubang sedalam sumber mata air tersebut. Untuk caranya sendiri bisa dengan cara konvensional atau modern.

Untuk cara konvensional biasanya menggunakan cangkul. Sedangkan cara modern menggunakan alat canggih seperti bor, dimana hasilnya sering disebut dengan sumur bor. Perlu diketahui bahwa sumur bor ini banyak diminati karena akan terus menghasilkan air.

Terlebih jika musim kemarau, pastinya sumur bor akan tetap mengalirkan air untuk pemiliknya. Proses pembuatan sumur bor sendiri pun juga cepat karena alatnya sudah unggul dan modern. Dibandingkan sumur gali, sumur bor memiliki banyak keuntungan.

Tips Memilih Jasa Sumur Bor Terbaik

Dewasa ini untuk menemukan jasa bor sumur sudah bukan hal sulit dilakukan lagi. Sebab saat ini sudah ada banyak jasa sumur bor yang siap membantu. Namun bukan berarti bisa memilih tanpa harus membuat pertimbangan. Ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa tips berikut sebelum memilih jasa sumur bor.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai jasa sumur bor. Cari tahu dimana letak lokasinya, contact person, dan informasi-informasi lainnya. Perlu diketahui bahwa informasi sekecil apapun bisa dipakai untuk mempertimbangkan pemilihan jasa tersebut atau tidak.

Pencarian informasi ini bisa dilakukan lewat sosial media, website, atau meminta rekomendasi. Zaman yang semakin canggih tentunya tidak akan membuat kesulitan untuk sekadar mencari informasi.

2. Pertimbangkan reputasi

Kemudian dari segi reputasi yang dimiliki oleh jasa bor sumur pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Jasa sumur bor yang memiliki reputasi baik pastinya dipercaya oleh banyak orang. Dimana bisa dilihat dari segi portofolio yang dimiliki oleh jasa tersebut.

Apabila portofolio yang dimiliki semakin banyak, artinya sudah ada banyak klien melakukan kerja sama. Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan pemilihan pada jasa tersebut atau tidak.

3. Pertimbangkan layanan

Selanjutnya adalah mempertimbangkan layanan yang ditawarkan oleh jasa sumur bor tersebut. Umumnya setiap jasa sumur bor akan menyediakan berbagai macam layanan yang berbeda-beda. Mulai dari dari pengeboran sumur, soil test, dan lainnya.

Dengan adanya macam-macam layanan ini tentunya akan membuat klien bisa membuat pertimbangan lebih baik. Sebab sebelum melakukan pengeboran sumur biasanya akan dilakukan pengecekan kondisi tanah, pencarian sumber mata air dan lainnya. Dimana hal ini bisa termasuk layanan pengeboran sumur atau tidak.

4. Perhatikan penawaran biaya

Jangan lupa untuk memastikan dengan baik seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan pengeboran sumur ini. Untuk biaya ini sendiri tergantung dari beberapa hal. Contohnya kekerasan tanah, dalamnya sumur bor yang akan digali, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itulah akan lebih baik jika tahu biaya pembuatan sumur bor terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar nantinya bisa menyiapkan anggaran yang tepat. Selain itu pastikan bahwa biaya yang ditawarkan ini transparan, artinya tidak ada lagi biaya-biaya tambahan.

5. Pastikan waktu pengerjaan

Dikarenakan menggunakan alat canggih, biasanya jasa bor sumur bisa mengerjakan dalam waktu cepat. Namun ada juga kondisi dimana waktu pengerjana molor dikarenakan beberapa hal. Contohnya karena kondisi alam yang tiba-tiba hujan misalnya. Tentunya hal ini akan membuat lama proses pengerjaannya.

Juga pastikan dengan baik apakah jasa sumur bor tersebut bisa memberikan layanan after sales atau tidak. Apabila mampu memberikan layanan after sales, maka bisa memilih jasa tersebut untuk membuat sumur bor.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Dengan memanfaatkan sumur bor maka akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itulah harus membuat pertimbangan lebih awal agar tidak salah beli. Berikut beberapa kelebihan dari sumur bor yang harus diketahui.

1. Akses sumber air lebih mudah.

Menggunakan sumur bor memungkinkan akses jadi lebih simpel dan terpercaya ke sumber air di bawah permukaan tanah. Dimana air ini bisa dipakai untuk kebutuhan penyediaan air minum, pertanian irigasi, dan kebutuhan industri lainnya.

2. Efisien

Dibandingkan dengan sumur gali yang harus menggunakan tenaga orang dan memakai cangkul. Sumur bor ini dibuat menggunakan mesin bor, dimana mempunyai tingkat kecepatan dan efisiensi lebih tinggi. Apalagi saat ini ada banyak jasa bor sumur yang bisa diajak kerja sama.

Berkat bantuan mesin bor ini tentunya akan jadi lebih hemat waktu dan energi. Bisa jadi dalam satu atau dua hari saja pengerjaan sumur bor. Setelah itu sumber air sudah bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Kualitas air baik

Kemudian dari segi kualitas air yang diberikan oleh sumur bor sendiri pun lebih unggul dan steril dibandingkan air pada sumur gali. Ini dikarenakan air dalam sumur bor terlindungi dari kontaminasi bahan-bahan di permukaan. Dengan begitu bisa aman dikonsumsi untuk jangka panjang.

4. Tahan musim kering

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh sumur bor adalah kemampuannya mencapai lapisan tanah paling dalam. Hal ini membuat cenderung lebih tahan pada efek musim kering dibandingkan dengan sumer air permukaan. Dengan begitu ketika musim kemarau, air pada sumur tersebut masih ada.

Disamping ada kelebihan, sumur bor juga mempunyai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari sumur bor yang perlu diketahui, sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan lebih maksimal.

  • Biaya yang tinggi. Untuk pembuatan sumur bor sendiri membutuhkan alat yang sesuai, terlebih jika menggunakan bor mesin. Hal ini akan berpengaruh pada biaya jasanya. Tidak mengherankan apabila biaya untuk pembuatan sumur bor sendiri mahal.
  • Perawatan & perbaikan. Kemudian sumur bor sendiri membutuhkan perawatan berkala dan perbaikan juga jika terjadi masalah. Misalnya adanya penyumbatan atau penurunan debit air. Sebelumnya harus mengecek jika ada kendala-kendala ini.
  • Keterbatasan lokasi. Perlu diketahui bahwa tidak semua lokasi cocok untuk membuat sumur bor. Terlebih untuk daerah dengan geologi yang sulit dan kondisi tanah keras.
  • Kualitas air tidak konsisten. Lalu kekurangan yang terakhir adalah kualitas air dari sumur bor tidak selalu konsisten. Ini dikarenakan faktor geologi dan lingkurang sekitar. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika kualitas air bisa bervariasi dari sumur bor ke sumur bor.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips memilih jasa bor sumur yang tepat dan berpengalaman. Juga beberapa kekurangan dan kelebihan dari penggunaan sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari. Sangat penting memilih jasa sumur bor berpengalaman agar bisa mendapatkan sumber air terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *