Tips Memilih Jasa Sondir Jogja yang Dapat Dipercaya

jasa-sondir-jogja

Jasa sondir merupakan sebuah jasa yang melayani bidang uji atau test keadaan lapisan permukaan tanah sampai dengan tanah keras. Jasa ini sebagai salah satu ahli atau pakar dalam dunia pekerjaan drilling atau pengeboran. Tujuan dari pekerjaan ini adalah menemukan kedalaman berapa titik lokasi tanah keras di bawah bumi. Apabila membutuhkan jasa sondir Jogja, pastikan untuk memilih yang tepat.

Berbagai Tips Memilih Jasa Sondir yang Andal dan Dapat Dipercaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jasa sondir saat ini semakin banyak. Tentunya akan memudahkan siapa saja yang membutuhkan jasa ini mendapatkan layanannya. Akan tetapi jangan sampai asal dalam memilih jasa sondir tersebut. Karena tidak semua jasa bisa dipercaya dan memberikan layanan terbaiknya. Jadi ketahui dulu berbagai tips dalam memilih jasa sondir yang baik dan terpercaya berikut ini, seperti:

1. Cek kejelasan alamat dan izin legalitas perusahaan

Apabila ingin menggunakan layanan jasa sondir, akan lebih baiknya jika tidak asal dalam memilih jasa tersebut. Akan lebih baiknya jika mengecek alamat dan izin legalitas dari perusahaan. Jasa sondir yang andal dan dapat dipercaya tentu saja memiliki izin legalitas perusahaan. Karena seperti yang diketahui bahwa pekerjaan ini sangat membutuhkan izin yang pasti. 

Jadi jika ingin bekerja sama dengan jasa sondir Jogja ketahui dulu apakah perusahaan tersebut legal atau tidak. Bahkan jika mendapatkan alamat dari perusahaan tersebut. Maka bisa cek alamat tersebut dengan survey langsung ke lokasi. Tentunya jasa sondir yang dapat dipercaya memiliki kantor yang dapat dikunjungi klien. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa jasa tersebut dapat dipercaya.

2. Pertimbangkan penawaran harga

Tips kedua dalam memilih jasa sondir ini adalah pertimbangkan penawaran harga untuk setiap kali kegiatan uji sondir. Karena seperti yang diketahui bahwa tidak semua harga yang ditawarkan jasa sondir tersebut sesuai dengan hasil kerjanya. Jadi akan lebih baiknya jika mempertimbangkan dulu biaya yang harus dikeluarkan dengan layanan yang akan diberikan.

Jasa sondir yang dapat dipercaya tentu saja memberikan tawaran harga yang terjangkau. Bahkan sepadan dengan hasil kerja yang diberikan. Jangan sampai tergiur dengan tawaran harga murah. Tetapi hasil kerja dan layanan yang diberikan jasa tersebut tidak memuaskan. Pertimbangkan baik-baik hal ini sebelum akhirnya memilih jasa sondir.

3. Cek bukti pekerjaan yang pernah dikerjakan

Tips memilih jasa sondir Jogja terpercaya yang selanjutnya adalah dari melihat bukti pengecekan pekerjaan yang pernah dikerjakan. Setiap jasa profesional pastinya akan melakukan dokumentasi berkas pekerjaan atau portofolio uji sondir tanah yang sudah selesai dikerjakan. Apabila memiliki pilihan jasa sondir lebih dari satu. Maka semua bukti portofolio dari jasa tersebut harus dicek. 

Minimal hasilnya bagus dan hasil pekerjaan yang dilakukan tidak ada kendala dan masalah yang cukup serius. Pastikan baik-baik bahwa jasa sondir yang dipilih tersebut adalah jasa sondir yang dapat dipercaya. Karena ada banyak jasa yang memberikan portofolio palsu dan hanya mengambil dari kompetitor. Jadi pertimbangkan baik-baik hal ini sebelum memilih.

4. Perhitungkan layanan after sales atau garansi

Sangat diwajibkan untuk memilih jasa sondir yang berani memberikan garansi data dan hasil uji sondir tanah yang sudah dilakukannya. Hal ini sebagai wujud antisipasi apabila memang data tersebut tidak tepat. Maka pihak jasa sondir yang profesional pasti siap bertanggung jawab. Apabila diperlukan mengambil ulang data pada uji sondir. Maka sebagai pihak klien tidak perlu membayar lagi kepada jasa tersebut.

Sehingga sebagai konsumen harus tetap merasa diuntungkan dari uang jutaan rupiah yang dikeluarkan untuk uji sondir. Bahkan pemberian garansi dari pihak jasa profesional sebagai bukti dan wujud bahwa pekerjaannya profesional. Pastikan untuk memilih jasa yang benar-benar siap memberikan layanan terbaik kepada klien nya. Seperti halnya memberikan jaminan atau garansi pekerjaan.

Manfaat Tes Sondir yang Dilakukan Jasa Sondir

Ketika berencana untuk mendirikan sebuah bangunan, pertama-tama diperlukan tes untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras sebagai patokan untuk menentukan jenis pondasi dari sebuah bangunan. Tes inilah yang disebut dengan tes sondir. Tes sondir sendiri dilakukan jika bangunan yang akan dibangun merupakan bangunan bertingkat. Berikut ini ada beberapa manfaat dari tes sondir, seperti:

1. Lolos pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB)

Jika memiliki rencana untuk membangun rumah atau bangunan bertingkat. Maka wajib melakukan tes sondir. Hal tersebut disebabkan karena tes sondir ini dalam syarat wajib pembuatan IMB bagi bangunan bertingkat. Jika bangunan yang hendak dibangun memiliki jumlah tingkat lebih dari 2 dan kurang dari 10. Maka tes sondir ini perlu dilakukan. 

Sedangkan apabila bangunan yang dibangun memiliki lebih dari 10 tingkat. Maka perlu dilakukan tes boning alih-alih tes sondir. Untuk bisa melakukan tes sondir saat ini juga sudah semakin mudah. Karena ada banyak jasa sondir Jogja yang siap diajak kerja sama. Akan tetapi pastikan untuk tetap memilih jasa sondir yang bisa diajak kerja sama dengan biak. 

  • Mengetahui daya dukung tanah dan kedalaman lapisan tanah keras

Tes sondir ini dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras. Akan tetapi area tanah pada lahan bisa memiliki jenis atau karakteristik tanah yang berbeda-beda. Begitu juga dengan posisi kedalaman lapisan tanah kerasnya juga bisa jadi berbeda-beda. 

Karenanya perlu dilakukan tes sondir menggunakan alat sondir yang dioperasikan oleh ahli sipil. Ini dilakukan agar hasilnya lebih akurat. Apabila sedang membutuhkan layanan jasa sondir, akan lebih baiknya jika memilih jasa sondir yang benar-benar andal. Karena tidak semua jasa sondir tersebut berpengalaman dan dapat dipercaya. Maka dari itu, pilihlah jasa sondir yang terbaik di bidangnya.

  • Menentukan jenis pondasi yang cocok

Setelah melakukan tes sondir, maka akan didapat data berisi jenis, karakteristik sampai dengan posisi kedalaman lapisan tanah keras pada lahan tersebut. Data tersebut kemudian diberikan pada konsultan arsitek. Dengan begitu bangunan jadi lebih kuat, aman dan efektif. Sebab jenis pondasi hingga ukuran strukturnya sesuai dengan fungsi bangunan dan karakter tanah pada lahan. 

Apabila membutuhkan layanan jasa sondir Jogja, pastikan untuk memilih jasa yang benar-banar dapat dipercaya. Ini dilakukan supaya hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan yang diharapkan. Mengingat saat ini ada banyak jasa sondir yang bisa dipilih. Tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi pastikan untuk memilih jasa sondir yang benar-benar bisa diajak kerja sama.

Jadi itulah berbagai informasi mengenai cara memilih jasa sondir dan manfaat dari tes sondir. Pastikan untuk tetap memilih jasa sondir yang berpengalaman dan pelayanan terbaik. Karena seperti yang diketahui bahwa ada banyak jasa sondir saat ini dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Untuk bisa mendapatkan jasa sondir yang bisa dipercaya, pertimbangkan beberapa tips yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu, maka nantinya bisa mendapatkan jasa sondir Jogja yang sesuai dengan keinginan tentunya dengan layanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *