Ketahui Beberapa Tugas Jasa Pengeboran Sumur 

jasa-pengeboran

Sumur bor merupakan salah satu hal penting dalam sebuah konstruksi. Terutama dalam pemenuhan kebutuhan air banyak orang. Akan tetapi terkadang ada banyak kendala yang harus dihadapi. Misalnya sulit untuk menentukan jasa pembuatan sumur bor yang mampu melakukan proyek dengan baik. Sebab memang pada dasarnya mencari jasa pengeboran untuk membuat sumur bor yang cocok tidak mudah.

Inilah Beberapa Tugas dari Jasa Pembuatan Sumur Bor

Memilih jasa pembuatan sumur bor memang tidak mudah. Karena meskipun saat ini ada banyak jasa pengeboran, akan tetapi tidak semua jasa pembuatan sumur bor yang ada saat ini bisa diandalkan semua. Sebelum akhirnya memilih jasa pembuatan sumur bor. Akan lebih baiknya jika mengetahui beberapa tugas dari jasa pembuatan sumur bor, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Menentukan atau Mencari Lokasi Pembuatan Sumur Bor

Sebenarnya apa saja tugas dari jasa pembuatan sumur bor ini? Tentu saja ada banyak dan jika ingin menggunakan jasanya perlu mengetahui tugasnya apa. Salah satu hal penting yang dilakukan oleh para pekerja jasa pengeboran ini adalah menentukan dan mencari lokasi pembuatan sumur bor yang tepat. Karena sebelumnya sudah dikatakan bahwa lokasi akan sangat berpengaruh pada kondisi dan juga kualitas air yang dihasilkan pada proses pengeboran.

Selain mencari lokasi wilayah pembuatan sumur bor bisa menentukan harga serta biaya pembuatannya. Biasanya pengeboran sumur ini akan menawarkan biaya sesuai dengan lokasinya. Semakin jauh lokasi pembuatan sumur bor dari lokasi perusahaan pengeboran tersebut. Maka biaya yang akan ditawarkan juga lebih tinggi. Akan tetapi hal tersebut juga menyesuaikan dengan jasa yang akan diajak kerja sama.

2. Menelaah Tingkat Kesulitan Kontur Tanah Lokasi Pembuatan Sumur Bor

Selanjutnya hal yang akan dilakukan oleh jasa pembuatan sumur bor ini adalah menelaah tingkat kesulitan garis kontur tanah pada lokasi pembuatan sumur bor. Jasa tersebut akan membagi tingkat kesulitan wilayah menjadi 3 bagian. Diantaranya ada dataran rendah, dataran menengah dan juga dataran tinggi. 

Tingkat kekerasan batuan di setiap wilayah memang berbeda-beda. Ada yang batuan dengan kekerasan rendah ada juga batuan yang lebih keras di atasnya. Sedangkan lokasi bebatuan sangat keras. Semakin sulit kontur tanah tempat membuat sumur bor. Tentunya biaya yang akan dikeluarkan untuk pembuatan sumur bor per meternya juga akan semakin tinggi.

3. Menentukan Diameter Casing Sumur Bor yang akan Dibuat

Selanjutnya, jasa pengeboran tersebut akan menawarkan biaya sumur bor per meter berdasarkan casing yang akan dibuat. Diameter casing ini disesuaikan dengan ukuran diameter pipa saluran air yang nantinya akan ditanam untuk sumur bor. Semakin besar ukuran diameter casing sumur bor, maka akan semakin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan.

4. Menentukan Kedalaman Sumur Bor

Tidak kalah penting bagi jasa pembuatan sumur bor dalam melakukan pekerjaanya adalah menentukan kedalaman sumur bor yang akan dikerjakan. Penggunaan mesin canggih dalam membuat sumur bor ini sudah pasti memiliki risiko yang sangat tinggi.

Maka dari itu, semakin dalam ukuran dari sumur bor tersebut. Maka pekerjaan yang dilakukan harus sangat hati-hati. Jasa pembuatan sumur bor yang melakukan pekerjaannya secara profesional biasanya memasang harga untuk kedalaman minimal 30 meter ke atas. 

5. Menentukan Kualitas Material Bahan Saluran Pipa dan Perlengkapan lainnya

Hal selanjutnya yang dilakukan oleh jasa pembuatan sumur bor ini adalah menentukan kualitas material pipa saluran dan juga perlengkapan lainnya yang akan digunakan. Biasanya jasa pembuatan sumur bor ini akan mematok harga paket dan juga non paket. dari sana bisa meminta kisaran kualitas pipa dan perlengkapan pembuatan sumur bor lainnya. Tidak ada salahnya menggunakan kualitas pipa yang baik. Ini dilakukan supaya penggunaanya lebih tahan lama.

Keunggulan Sumur Bor Dibandingkan dengan Sumur Galian

Setiap orang pastinya membutuhkan ketersediaan air untuk hidup mereka. Karena seperti yang diketahui bahwa air sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Hal ini yang kemudian banyak orang membuat tempat sebagai sumber air. Saat ini ada banyak orang yang lebih memilih membuat sumur bor dibandingkan dengan sumur galian. Karena ada banyak keunggulan dari sumur bor dibandingkan dengan sumur galian.

1. Proses Pembuatannya Lebih Cepat

Manfaat pertama yang dimiliki sumur bor dibandingkan dengan sumur galian adalah proses pembuatannya yang lebih cepat. Dimana proses pembuatan dari sumur bor jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan pembuatan sumur galian. Ini disebabkan karena peralatan yang digunakan juga berbeda. Untuk alat yang digunakan untuk membuat sumur bor sudah pasti lebih canggih dan lengkap apabila dibandingkan dengan sumur galian.

Jadi tidak heran jika proses pembuatan sumur bor lebih cepat dibandingkan dengan pembuatan sumur galian. Untuk sumur galian sendiri prosesnya lebih lama karena dikerjakan secara manual tidak menggunakan alat yang sudah canggih. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembuatan sumur galian juga lebih lama. Untuk itu, tidak heran jika saat ini banyak orang yang lebih memilih membuat sumur bor.

2. Tidak Memakan Tempat yang Berlebihan

Keunggulan berikutnya dari pembuatan sumur bor ini adalah tidak memakan banyak tempat. Karena peralatan yang digunakan jasa pengeboran untuk membuat sumur bor ini juga kecil. Berbeda dengan sumur galian, dimana orang yang mengerjakan sumur galian tersebut harus masuk ke dalam sumur. Untuk itu, tempat yang dibutuhkan juga harus lebih luas dibandingkan dengan sumur bor.

Jika ingin membuat sumur bor, maka tidak perlu mengkhawatirkan lokasinya yang sempit. Karena jasa pembuatan sumur bor tersebut tetap bisa mengerjakan sumur bor dengan maksimal. Nah, jika saat ini lokasi yang akan dibuat sumur bor sempit. Maka pilihan yang paling tepat adalah membuat sumur bor. Selain tidak membutuhkan tempat yang luas, waktu pengerjaannya sudah pasti cepat. 

3. Tidak Mudah Tercemar

Setiap orang pasti menginginkan air yang berkualitas dan bisa dikonsumsi dengan baik. Akan tetapi tidak semua sumber air yang ada saat ini bersih dan bisa dikonsumsi begitu saja. Nah, untuk bisa mendapatkan sumber air yang bersih dan berkualitas. Maka pemilihan pembuatan sumur bor menjadi solusinya. Mengapa harus memilih membuat sumur bor? Pastinya karena sumur bor ini tidak akan mudah tercemar airnya. 

Berbeda dengan sumur galian yang hanya berapa puluh meter saja. Sumur bor ini memiliki kedalaman yang bisa mencapai ratusan meter. Untuk itu, tidak perlu khawatir dengan tercemarnya air. Karena Sumur bor tidak akan mudah tercemar airnya. Jadi pengguna sumur bor bisa menggunakan air bersih kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

4. Lebih Praktis Digunakan

Selain beberapa keunggulan diatas, keunggulan lain dari pembuatan sumur bor ini adalah lebih praktis. Karena jasa pengeboran tersebut akan mengerjakan dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan dalam satu hari saja sudah bisa mendapatkan air bersih seperti yang diharapkan. 

Jadi itulah berbagai informasi mengenai jasa pembuatan sumur bor. Pastikan untuk tetap memilih jasa pengeboran yang berpengalaman dan juga bisa diandalkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *