Kenapa Harga Bikin Sumur Bor di Yogyakarta Beda-Beda? Ini Penjelasannya

harga-bikin-sumur-bor-di-yogyakarta

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya membutuhkan air untuk mencuci, masak, mandi, dan lainnya. Namun tidak semua rumah bisa mendapatkan sumber air bersih yang bagus. Oleh sebab itulah beberapa rumah lebih memilih membuat sumur bor. Akan tetapi harga bikin sumur bor di Yogyakarta sendiri terbilang berbeda-beda.

Kebanyakan rumah yang tidak mendapatkan air dari PDAM/PAM lebih memilih membuat sumur bor. Salah satu alasannya adalah dikarenakan bisa berhemat di setiap bulannya. Jika menggunakan PDAM/PAM pastinya akan melakukan pembayaran air di setiap bulan.

Perbedaan Sumur Galian dan Sumur Bor

Sumur bor merupakan sumur yang proses pembuatannya melalui pengeboran dengan menggunakan mesin. Sedangkan untuk sumur gali, alat yang digunakan masih terbilang tradisional. Untuk waktu pengerjaan sendiri lebih cepat sumur bor dibandingkan sumur gali.

Saat ingin membuat sumur bor, maka menggunakan alat modern dan canggih. Dengan begitu bisa mengebor di kedalaman 100-150 meter. Lalu untuk sumur gali masih menggunakan cangkul, sekop, dan tenaga manusia. Kedalaman yang bisa diambil hanya sekitar 10-20 meter saja.

Lalu untuk harga bikin sumur bor di Yogyakarta pun pastinya juga berbeda. Dibandingkan sumur gali yang biayanya lebih sedikit dikarenakan tidak terlalu dalam. Sumur bor memiliki harga pembuatan yang lebih mahal, akan tetapi sesuai dengan hasil yang diberikan. Dimana airnya bersih dan jernih.

Alasan Mengapa Harga Bikin Sumur Bor Berbeda

Bagi yang sudah melakukan riset kecil-kecilan, pastinya akan menemukan bahwa antara satu jasa sumur bor dengan lainnya memberikan peanwaran harga berbeda-beda. Hal ini pastinya sedikit banyak membuat banyak pertanyaan muncul di kepala. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa harga pembuatan sumur bor bisa berbeda-beda.

1. Kedalaman sumur

Setiap tempat memiliki kedalaman sumber air yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika nantinya kedalaman sumur yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Umumnya semakin dalam sumur bor yang dibuat, maka harga bikin sumur bor di Yogyakarta akan lebih mahal.

Untuk itulah sebelum melakukan pengeboran sumur dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Maksudnya adalah untuk mengetahui seberapa dalam sumber air yang akan digali nantinya. Apabila sumber air terlihat terlalu dalam, maka bisa mencari di tanah lainnya.

2. Tingkat keras batu

Kemudian dari segi tingkat kekerasan batu di setiap lokasi juga bisa membuat biaya pembuatan sumur bor jadi mahal. Apabila kondisi tanah yang akan digali mudah dan tidak harus menemukan batu-batuan, maka biayanya terbilang terjangkau.

Akan tetapi jika tanahnya keras dan banyak batu-batunya, maka biaya pembuatan sumur bor akan jadi mahal. Dengan medan yang semakin sulit untuk digali, tentunya akan membuat proses penggalian jadi lebih lama.

3. Alat yang digunakan

Lalu dari segi alat-alat yang digunakan untuk menggali pun akan berpengaruh pada harga bikin sumur bor di Yogyakarta nantinya. Apabila alat yang digunakan untuk membuat sumur bor banyak, maka proses pengerjaan membutuhkan waktu tidak sebentar. Sebab proses pemindahan alat tersebut membutuhkan waktu.

Alat yang memengaruhi harga bikin sumur bor di Yogyakarta di antaranya adalah material pemipaan, pipa hisap, dan material lainnya. Lalu dari segi diameter dalam sumur pun akan berpengaruh pada PVC atau besi galvanis. Oleh sebab itulah ahrus dipastikan dengan baik alat mana yang dibutuhkan.

4. Pilihan jasa pengeboran

Selain itu dari segi pemilihan jasa pengeboran juga bisa berpengaruh pada biaya pembuatan sumur bor. Untuk jasa bor sumur yang sudah berpengalaman dan terpercaya tentunya akan memberikan penawaran biaya terjangkau. Dimana biaya yang dimaksudkan tidak terlalu murah atau mahal.

Namun untuk mendapatkan jasa pengeboran sumur yang berpengalaman dan terpercaya seperti ini sedikit sulit dilakukan. Meskipun begitu bukan berarti tidak bisa menemukan jasa pengeboran yang tepat untuk diajak kerja sama.

5. Kualitas pengerjaan

Lalu yang terakhir adalah mengenai kualitas pengerjaan dari jasa pengeboran itu sendiri. Apabila hasilnya memuaskan dan tidak banyak celah, biasanya harga bikin sumur bor di Yogyakarta sedikit lebih mahal. Ini dikarenakan dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan terpercaya.

4 Keuntungan Memilih Sumur Bor

Ada banyak jenis sumur yang bisa dibuat, namun sumur bor bisa dikatakan mempunyai peminat lebih dibandingkan sumur gali. Dengan menggunakan sumur bor, maka bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini.

1. Proses pembuatan cepat

Keuntungan pertama dari sumur bor adalah bisa proses pembuatannya cepat. Hal ini dikarenakan sumur bor dibuat menggunakan mesin, berbanding terbalik dengan pembuatan sumur gali. Dengan proses pengerjaan lebih cepat, tentunya sumur bor bisa langsung digunakan.

2. Tidak memakan tempat

Lalu sumur bor juga tidak membutuhkan tempat yang luas, karena nantinya air tersebut akan ditampung ke dalam toren atau tangki air. Dengan begitu ketika akan menggunakan air bisa langsung mengalirkan dari toren saja. Jika air dalam toren habis maka bisa menghidupkan pompa untuk menyedot air dari sumur ke tangki tersebut.

3. Tidak mudah tercemar

Dengan membuat sumur bor, maka akan terhindarkan dari yang namanya limbah tercemar. Ini dikarenakan sumur bor menggunakan popa PVC atau pipa galvanis. Dimana pipa-pipa ini disambung untuk mencegah kotoran atau limbah masuk ke dalam saluran air.

4. Praktis digunakan

Selain itu sumur bor juga lebih praktis untuk digunakan. Dengan memanfaatkan sumur bor maka bisa lebih efisien dan juga praktis, sehingga tepat digunakan di mana saja. Meskipun lokasi tempat tinggal berada di kawasan padat penduduk sekalipun.

Meskipun begitu, sumur bor ini juga memiliki kekurangan yang harus diketahui dengan baik terlebih dahulu. Lalu apa saja kekurangan dari sumur bor ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Biaya pembuatan yang mahal. Seperti diketahui bahwa proses pembuatan sumur bor ini menggunakan mesin, dimana harus didatangkan dari lokasi kantor ke lokasi nantinya. Belum lagi jika sumber air lebih dalam dari yang diperkirakan. Bisa dipastikan anggaran yang dikeluarkan untuk membuat sumur bor akan jadi lebih mahal.
  • Pompa air mahal. Berbeda dengan sumur yang menggunakan timba ember, sumur bor ini menggunakan pompa. Dengan menggunakan pompa maka air bisa langsung naik ke tempat penampungan, baik itu bak mandi atau toren. Untuk harga pompa sendiri bisa dikatakan cukup mahal.
  • Tidak ada air jika mati listrik. Seperti yang diketahui bahwa sumur bor ini menggunakan pompa untuk mengalirkan air. Dimana pompa air membutuhkan listrik untuk kinerjanya. Jika listrik sedang mati, maka pompa tidak akan bisa bekerja dan tidak mendapatkan sumber air bersih.
  • Service pompa yang tidak murah. Misalnya pompa air yang digunakan sumur bor mengalami kerusakan, tentunya harus segera diperbaiki. Selama pompa air diperbaiki tentunya tidak akan mendapatkan sumber air. Belum lagi untuk service pompa air membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Demikianlah pembahasan mengenai kenapa harga bikin sumur bor di Yogyakarta bisa berbeda-beda. Juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari sumur bor yang harus diketahui dengan baik lebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *