Berapa Biaya Bikin Sumur Bor Jogja? Begini Penjelasan Lengkapnya!

biaya-bikin-sumur-bor-jogja

Sumur bor menjadi solusi untuk daerah-daerah yang tidak mendapatkan sumber air dari PDAM atau PAM. Mengenai biaya bikin sumur bor Jogja sendiri ada yang mahal dan murah, hal ini dikarenakan beberapa hal. Dengan memanfaatkan air sumur maka bisa untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembuatan sumur bor biasanya akan membutuhkan waktu dan tempat yang sedikit jauh dari rumah tinggal. Ini dimaksudkan agar tidak tercemar dengan septic tank, atau pembuangan lainnya. Jika sampai tercemar maka akan berpengaruh pada kualitas air yang digunakan setiap hari.

Kenapa Biaya Buat Sumur Berbeda?

Seperti yang sudah diketahui sedikit bahwa biaya untuk bikin sumur bisa jadi murah dan mahal. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa biaya untuk pembuatan sumur bor murah atau mahal.

1. Kedalaman sumur

Hal pertama yang membuat biaya bikin sumur bor Jogja jadi berbeda adalah dari segi kedalaman sumur. Umumnya, semakin dalam sumur bor yang akan digali maka biaya jasanya akan jadi lebih mahal. Sebaliknya, jika tidak terlalu dalam maka harganya pun jadi lebih murah.

Ini dikarenakan letak sumber mata airnya. Apabila sumber mata air dekat maka kedalaman sumur bisa tidak dalam dan biaya jasa jadi murah. Tetapi jika letak sumber mata air dalam tentunya akan membuat jadi sumur dalam, sehingga perhitungan biaya jasa jadi mahal.

2. Kondisi tanah

Lalu hal yang membuat biaya pembuatan sumur berbeda adalah dari segi kondisi tanahnya sendiri. Setiap tempat pastinya mempunyai kondisi tanah yang berbeda-beda. Mulai dari tanah gembur yang mudah digali, sampai ada tanah keras sehingga sulit di bor.

Umumnya jika tanah keras maka biaya jasanya jadi lebih mahal. Hal ini karena membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh karena itulah pemilihan tanah yang akan dijadikan sumur bor harus benar-benar tepat.

3. Alat yang dipakai

Kemudian dari segi alat yang digunakan untuk membuat sumur bor pun memengaruhi biaya bikin sumur bor Jogja nantinya. Dimana termasuk material untuk pemipaan, serta hal lainnya. Semakin banyak alat yang dibutuhkan untuk menggali sumur, maka biayanya akan jadi lebih mahal.

4. Biaya lain-lain

Terakhir adalah mengenai hal-hal diluar kendali pihak jasa pengeboran sumur. Misalnya memilih bekerja sama dengan jasa pengeboran yang lokasinya cukup jauh. Tentunya pemilik sumur harus bisa mengeluarkan biaya bikin sumur bor Jogja tambahan untuk perjalanan.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Bikin Sumur Bor

Sebelum membuat sumur bor, ada baiknya untuk membuat pertimbangan terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar bisa mendapatkan sumur terbaik dan sesuai kebutuhan pemakaian. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat sumur bor.

1. Tentukan lokasinya

Sebagai langkah awal maka bisa mempertimbangkan dengan baik lokasi sumur bor itu sendiri. Apakah di belakang, samping atau depan rumah. Supaya lebih bisa mendapatkan sumber air bersih terbaik, usahakan untuk tidak memilih lokasi dekat pembuangan. Entah itu pembuangan sampah, septic tank, atau lainnya.

Lokasi-lokasi yang telah disebutkan tadi bisa berpengaruh pada sumber air dan membuat jadi kurang bersih. Bahkan bisa menimbulkan gejala-gejala penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika sumur bor letaknya jauh dari tempat pembuangan tersebut.

2. Tentukan kedalaman

Langkah selanjutnya adalah menentukan kedalaman sumur itu sendiri. Apakah ingin membuat sumur bor dalam atau dangkal. Penentuan kedalaman ini akan berpengaruh pada biaya bikin sumur bor Jogja nantinya. 

3. Penggunaan pompa

Pompa digunakan untuk menyedot air pada sumur bor ke dalam toren atau penampungan air lainnya. Mesin pompa sendiri memiliki beberapa merek dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dari segi daya mesin pompa sendiri beragam dengan harga yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian dan anggaran yang tersedia.

Akan tetapi jika tidak ingin menggunakan mesin pompa juga tidak masalah. Nantinya bisa dibuat solusi lain dengan membuat timba untuk mendapatkan air dari sumur bor tersebut.

4. Lakukan perencanaan biaya

Harus dipahami dengan baik terlebih dahulu bahwa membuat sumur bor itu pasti membutuhkan anggaran dalam jumlah besar. Oleh sebab itulah harus membuat perencanaan anggaran sesuai kebutuhan dan tepat. Ini dimaksudkan agar nantinya tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.

5. Pemilihan jasa sumur bor

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah pemilihan jasa sumur bor. Dewasa ini ada banyak jasa sumur bor yang siap diajak kerja sama. Beberapa bahkan bisa menawarkan harga lebih murah dibandingkan dengan kompetitor.

Dalam hal ini pengguna jasa harus bisa mencari tahu dengan detail dan rinci mengenai jasa sumur bor yang akan diajak kerja sama. Pastikan tahu bagaimana layanan, portofolio, dan lainnya. Dengan begitu bisa lebih aman dan nyaman selama melakukan kerja sama.

Jenis-Jenis Sumur dan Kegunaannya

Sejak zaman dulu, sumur dihadikan sebagai sumber air untuk kebutuhan rumah tangga. Baik untuk mencuci, mandi, memasak, dan lainnya. Seiring teknologi yang berkembang, sudah ada banyak jenis sumur dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis sumur dengan kegunanannya.

1. Sumur bor

Merupakan sumur yang cara menggalinya menggunakan alat berat dikarenakan sumber air terdapat di dalam bantuan keras. Kedalaman sumur bor sendiri bisa mencapai 900 meter. Biasanya sumur bor ini dipakai untuk kawasan industri yang mana membutuhkan sumber air dalam jumlah banyak.

2. Sumur pompa

Kemudian ada sumur pompa yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Untuk proses penggalian sendiri tidak sulit dan tidak akan memakan biaya besar. Sumur pompa ini ada tiga macam yakni sumur pompa dalam, sumur pompa dangkal, dan sumur pompa dalam.

3. Sumur artesis

Jenis sumur ini tidak butuh pompa karena sudah ada tekanan besar dari dalam tanah, sehingga air bisa keluar scara lancar. Ini dikarenakan topografi di permukaan tanah itu sendiri. Dimana permukaan tanah cekung, tekstur keras, dan ada banyak bebatuan, sehingga memudahkan terdorong keluar.

4. Sumur galian

Sesuai namanya, sumur ini didapatkan dengan cara menggali tanah menggunakan sekop aatu cangkul. Untuk sumur galian ini tidak terlalu dalam alias dangkal karena sumber air bisa keluar meskipun hanya digali menggunakan alat sederhana. Nantinya diberikan tembok untuk melindungi sumber air supaya tidak terkena kontaminasi.

5. Sumur resapan

Kemudian ada sumur resapan, dimana tujuan pembuatannya untuk menjadi wadah penampung air hujan agar tidak mudah terserap tanah. Contohnya adalah seperti atap rumah dan jalanan berlapis aspal atau beton. Sumur ini sangat dangkal karena tidak mencapai batas air tanah.

6. Sumur pantek

Terakhir ada sumur pantek yang lokasinya berada di area persawahan untuk mengairi lahan pertanian. Meskipun cara pengerjaannya di bor namun fungsinya hanya untuk mengairi sawah. Untuk sumur ini mempunyai kedalaman antara 20-50 meter.

Demikianlah beberapa alasan mengapa biaya bikin sumur bor Jogja dan beberapa tips ketika ingin membuat sumur bor. Pastikan juga untuk memilih jasa pembuatan sumur bor yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *