Tips Menemukan Ahli Sumur Jogjakarta yang Sudah Berpengalaman

ahli-sumur-jogjakarta

Air menjadi salah satu kebutuhan penting untuk setiap rumah tangga. Ini dikarenakan air digunakan untuk banyak hal seperti memasak, mencuci, mandi, dan lainnya. Bagi yang tidak bisa mendapatkan air bersih dari PDAM, maka bisa bekerja sama dengan ahli sumur Jogjakarta terbaik.

Dengan begitu bisa mendapatkan sumber air terbaik sendiri dan tentunya jadi lebih hemat. Ini dikarenakan tidak perlu membayar air setiap bulannya di PDAM. Selain itu sumber air ini pun juga bisa digunakan oleh beberapa rumah tangga jika diperbolehkan.

Penjelasan Sumur Bor & Manfaatnya

Mungkin masih banyak yang belum memahami apa itu sumur bor? Secara singkat sumur bor merupakan tempat mendapatkan sumber air bersih yang proses pembuatannya harus menggali tanah sampai kedalaman tertentu. Untuk menggalinya sendiri sudah menggunakan alat modern, sehingga tidak perlu capek-capek menggali tanah menggunakan cangkul.

Memiliki sumber air sendiri tentunya menjadi solusi jika tidak kebagian atau terkendala PAM. Selain itu juga ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila memiliki sumur bor, di antaranya sebagai berikut.

1. Sumber Mata Air Gratis

Memanfaatkan sumur bor maka bisa mendapatkan air bersih sendiri secara gratis. Yang dilakukan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menggali tanah untuk dijadikan sumur. Lalu membayar listrik pompa air tiap bulan agar bisa terus digunakan. Serta membayar biaya perawatan pompa air agar tidak mudah rusak.

2. Baik untuk Tubuh

Perlu diketahui bahwa air tanah yang belum tercemar sangat baik untuk tubuh. Ini karena adanya kandungan mineral yang banyak dan baik untuk kesehatan kulit jika dipakai mandi. Selain itu air tanah bisa dikonsumsi jika sudah dimasak dengan benar sampai mendidih.

3. Bisa Disimpan di Toren

Keuntungan lain yang bisa dirasakan dari memiliki sumur bor adalah airnya bisa dipompa dan dimasukkan ke dalam toren atau penampungan. Apabila toren yang dimiliki besar, maka bisa menampung air lebih banyak. Dimana bisa dipakai untuk kebutuhan rumah tangga jika sedang mati listrik.

Jenis-Jenis Sumur Bor

Terdapat beberapa jenis sumur bor yang dapat dibuat oleh jasa pengeboran. Terlebih memang sudah ada alat canggih dan modern, sehingga mendukung proses pengerjaan tersebut. Berikut ini beberapa jenis sumur yang dapat dibuat.

1. Sumur Bor Submersible

Sering disebut sebagai sumur bor satelit, yang mana mempunyai kedalaman antara 60-80 meter. Untuk sumur ini menggunakan pompa yang ditanam didalam sumur. Dengan begitu pompa bisa menyeburkan air dan mendorong jauh lebih besar dibandingkan dengan pompa jet pump.

Banyak ahli sumur Jogjakarta yang bisa membuatkan sumur bor jenis ini untuk kebutuhan rumah tangga atau bangunan lainnya. Dari segi biaya memang lebih mahal dibandingkan kedalaman lainnya karena termasuk sumur bor dalam.

2. Sumur Bor Jet Pump

Lalu sumur bor yang selanjutnya adalah sumur bot jet pump dimana pembuatannya dilakukannya dengan membuat lubang kedalaman sekitar 25-45 meter. Jenis pompa yang digunakan sendiri adalah jet pump untuk menghisap air. Sedangkan untuk pengambilan air tanah dilakukan di kedalaman antara 16-32 meter, tergantung sumber mata air.

Jenis sumur satu ini tidak terlalu dalam namun juga tidak terlalu dangkal. Sumber mata air yang didapatkan pun bersih, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Baik untuk mencuci, mandi, dan masih banyak lainnya.

3. Sumur Semi Jet

Terakhir adalah semi jet atau standar pump, dimana sumur dibuat di kedalaman antara 0-25 meter dan termasuk sumur dangkal. Diamter bor atau pipa sendiri bisa dipilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan geologi daerah itu sendiri. Dengan begitu nantinya bisa membuat jadi lebih hemat ketika melakukan pembayaran.

Umumnya sumur bor ini sering dipakai untuk rumah tangga atau industri kecil. Dimana dipakai untuk kebutuhan MCK, kamar mandi, dan kebutuhan air sehari-hari. Meskipun begitu sumber air yang didapatkan dari sumur ini tetap baik dan layak untuk konsumsi.

Tips Mendapatkan Jasa Sumur Bor Berpengalaman

Saat ini sudah banyak ahli sumur Jogjakarta yang siap untuk diajak kerja sama. Akan tetapi pengguna jasa tetap harus membuat pertimbangan terleih dahulu supaya bisa mendapatkan yang berpengalaman. Berikut ini beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk memilih jasa sumur bor terbaik.

1. Cari Referensi Jasa Sumur Bor

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari referensi terlebih dahulu. Bisa dicari lewat sosial media atau search engine. Atau jika tetangga atau kerabat ada yang membuat sumur bor, maka bisa meminta pendapat. Semakin dekat referensi yang didapatkan, maka semakin mudah mendapatkan informasinya.

Setelah mendapatkan referensi jasa sumur bor, maka bisa membuat perbandingan. Dalam hal ini bisa membuat perbandingan mengenai beberapa hal. Contohnya mengenai pelayanan, lokasi, biaya, dan masih banyak lainnya.

2. Pilih Jasa Sumur Bor Dekat

Akan lebih baik jika bisa memilih ahli sumur Jogjakarta yang lokasinya dekat. Dengan begitu akan memudahkan ketika melakukan survey ke lokasi tempat tinggal. Sebelum dilakukan proses pengeboran sumur, pihak jasa pastinya akan datang untuk melihat-lihat terlebih dahulu.

Lalu juga akan melakukan pengecekan lokasi dan melakukan perhitungan sebelum proses pengeboran. Lokasi yang dekat pun akan memudahkan pengguna jasa survey ke lokasi perusahaan untuk melakukan konsultasi dan lainnya.

3. Pastikan Reputasinya Baik

Jangan lupa untuk memastikan bahwa reputasi yang dimiliki oleh jasa sumur bor ini baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mengetahui apakah jasa sumur bor memiliki reputasi baik atau tidak bisa dilihat dari review serta testimoni yang dimiliki.

Apabila review dan testimoni yang diberikan positif, maka jasa tersebut mempunyai pelayanan baik. Biasanya testimoni seperti ini akan ditemukan pada sosial media dan website yang dimiliki. Dengan begitu akan semakin membuat jasa sumur bor tersebut berpengalaman dan terpercaya.

4. Pertimbangkan Biaya Layanan

Kemudian dari segi biaya ahli sumur Jogjakarta pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Sebab antara satu jasa dengan lainnya memiliki penawaran biaya yang berbeda-beda. Usahakan untuk memilih jasa sumur bor yang menawarkan harga terbaik, dimana tidak terlalu murah atau mahal.

Jika menemukan penawaran harga murah, ada baiknya untuk berhati-hati dan lebih selektif lagi. Cari tahu apakah jasa sumur tersebut menawarkan biaya jasa murah karena ada promo atau hal lainnya. Dengan begitu nantinya tidak akan mengalami kekcewaan.

5. Pastikan Adanya Garansi

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan ketika memilih ahli sumur Jogjakarta adalah mengenai garansi. Dengan adanya garansi tentunya akan membuat pengguna jasa jadi lebih aman dan nyaman selama melakukan kerja sama. Selain itu adanya garansi juga membuat jasa sumur bor lebih dapat dipercaya dibandingkan yang tidak mempunyai garansi.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih ahli sumur Jogjakarta dan beberapa jenis sumur bor yang perlu diketahui. Memilih jasa sumur bor memang tidak mudah karena akan berpengaruh pada lingkungan. Oleh karena itu sangat penting agar bisa memilih yang berpengalaman dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *