Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Sumur Bor Jogja

biaya-pembuatan-sumur-bor-jogja

Untuk sumber air rumah tangga, banyak orang yang memilih menggunakan jaringan PAM atau sumur galian. Akan tetapi untuk di kota-kota besar yang sumber airnya sudah terbatas. Sumur bor sering menjadi solusi terbaik untuk bisa mendapatkan air bersih. Meskipun untuk pembuatannya cukup mahal dibandingkan dengan sumur galian. Untuk yang berencana untuk membuat sumur bor, maka jangan khawatir dengan biaya pembuatan sumur bor Jogja yang ditawarkan.

Yuk Ketahui Berbagai Hal yang Dapat Mempengaruhi Biaya Pembuatan Sumur Bor

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor. Jika tertarik untuk membuat sumur bor, akan lebih baiknya untuk memilih jasa yang bisa diandalkan dan bahkan sudah berpengalaman. Karena jasa tersebut yang nantinya akan membantu mendapatkan sumber air bersih dengan cepat. 

Tentu saja dengan biaya yang sepadan dengan hasil yang didapatkan. Sebelum menggunakan jasa pembuatan sumur bor, ketahui dulu berbagai hal yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor berikut ini.

1. Lokasi Pengeboran

Setiap daerah tentu saja memiliki karakteristik geologi yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada alat yang digunakan kedalaman sumur yang dibutuhkan dan juga tingkat kesulitannya. Beberapa tempat ada yang berbatu dan juga memiliki tingkat kesulitan pengeboran yang tinggi. Ada juga tempat yang tidak berbatu tetapi berpasir. Sehingga sulit ketika dilakukan pengeboran.

Maka dari itu, harga yang ditawarkan oleh jasa pengeboran tersebut tentu saja akan lebih mahal. Berbeda dengan tempat atau daerah yang tidak sulit di bor. Maka biaya pembuatan sumur bor tersebut juga akan lebih terjangkau dibandingkan dengan yang sulit untuk di bor.

2. Peralatan yang Digunakan

Selain beberapa hal diatas, tentu saja masih ada banyak hal yang dapat mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor. Hal lain tersebut adalah peralatan yang digunakan untuk membuat sumur bor. Termasuk material pemipaan untuk penampungan sumur atau casing pipa hisap dan juga materai pendukung lainnya. 

Diameter dalam pembuatan sumur bor juga mempengaruhi. Karena berhubungan dengan pvc atau besi galvanis. Apabila tertarik untuk membuat sumur bor, akan lebih baiknya untuk mempertimbangkan baik-baik hal ini sebelum akhirnya membuatnya.

3. Kedalaman Sumur

Semua orang pasti menginginkan biaya pembuatan sumur bor Jogja terjangkau. Akan tetapi ada banyak hal yang mempengaruhi biaya pembuatan sumur bor tersebut. Seperti halnya dengan kedalaman sumur yang akan digali. Semakin dalam sumur yang akan digali. Maka otomatis biaya yang harus dikeluarkan juga semakin besar. Bahkan pompa air yang dibutuhkan juga sama. 

Untuk bisa mendapatkan air tanah yang bersih. Umumnya kedalaman yang harus digali adalah 50 meter lebih. Jadi jika menginginkan biaya pembuatan sumur bor yang terjangkau. Tentu saja penting untuk mempertimbangkan hal ini. Sehingga nantinya tidak akan kaget jika biaya yang ditawarkan justru lebih mahal. Itu karena kedalaman sumur bor akan berpengaruh dengan harga yang ditawarkan. 

Macam-Macam Jenis Sumur Bor

Sumur merupakan tempat yang berfungsi sebagai tempat penampungan air bersih. Air yang ada di dalam sumur bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti mencuci, mandi sampai untuk minum. Zaman dahulu, hanya terdapat satu jenis sumur yang bisa digunakan. Dengan semakin berkembangnya zaman, semakin banyak juga jenis umur yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam jenis sumur bor yang bisa digunakan, seperti:

1. Sumur Bor Submersible

Sumur bor submersible atau sering disebut dengan sumur satelit merupakan salah satu jenis sumur dengan kedalaman antara 60 sampai dengan 80 meter. Sumur ini memakai jenis pompa yang ditanam di dalam sumur supaya pompa terendam air dan juga mampu menyembuhkan air dengan daya dorong yang lebih besar apabila dibandingkan dengan pompa jet pump. 

Seperti yang sudah diketahui bahwa sumur bor tersebut memiliki banyak jenisnya. Tentunya dengan kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing yang diketahui semua orang. Bahkan harga yang ditawarkan oleh jasa pembuatan sumur bor juga berbeda-beda. Mengingat jenis dari sumur bor yang dibuat juga berbeda-beda.

2. Sumur Bor Jet Pump

Pembuatan sumur jet pump ini dilakukan dengan pembuatan lubang sumur dengan kedalaman 25 sampai dengan 45 meter. Pembuatannya menggunakan pompa jet pump sebagai pompa hisapnya. Pengambilan air tanahnya biasanya pada kedalaman 16 meter sampai dengan kedalaman 32 meter. Semua itu tergantung dengan kedalaman sumur yang dibuat dan jasa pembuatan sumur yang melakukan penutupan air kotornya di kedalaman berapa.

3. Sumur Semi Jet

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis dari sumur ada banyak. Menjadikan biaya pembuatan sumur bor Jogja yang ditawarkan juga berbeda-beda. Salah satu jenis sumur yang banyak dibuat saat ini adalah sumur semi jet. Inilah pengeboran air sumur dengan kedalaman 0 sampai dengan 25 meter. Dengan diameter pipa atau bor sesuai dengan keinginan pemesan dan lokasi geologis daerah yang akan di bor. 

Pengeboran sumur ini biasanya dimanfaatkan oleh pengguna rumah tangga atau industri kecil. Hanya untuk keperluan khusus, contohnya saja untuk MCK, kamar mandi, kebutuhan air sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

Kelebihan Sumur Bor yang Perlu Diketahui 

Tentunya sudah banyak yang tahu apa itu sumur bor? Sumur bor sendiri merupakan salah satu jenis sumur yang cara pembuatannya memanfaatkan alat canggih. Dimana ada alat yang digunakan untuk bor tanah sampai dengan kedalaman tertentu sumber mata air. Perlu diketahui bahwa sumur bor murah memiliki kelebihan, seperti:

1. Proses Pembuatan Sumur Bor Lebih Cepat

Dalam proses pembuatan sumur bor memang membutuhkan alat yang canggih dan juga lengkap. Sehingga bisa dipastikan bahwa proses pembuatan sumur bor tersebut bisa lebih cepat. Berbeda dengan sumur galian yang dibuat dengan cara manual. Sehingga proses pembuatan sumur bor tersebut membutuhkan waktu lama.

Bahkan perlu diketahui juga bahwa tidak hanya proses pembuatannya saja yang lebih cepat. Akan tetapi juga biaya pembuatan sumur bor Jogja yang terjangkau. Jadi tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membuat sumur bor daripada dengan jenis sumur lainnya.

2. Kedalaman Sumur Bor Mudah Ditentukan

Hal lain yang membuat untuk ketika membuat sumur bor ini adalah penentuan kedalaman dari sumur bor yang mudah. Ini disebabkan karena dalam pembuatan sumur bor tersebut menggunakan peralatan yang canggih. Dimana alat yang canggih ini akan membantu pencarian sumber air lebih cepat dan mudah. Sehingga tidak perlu menggali tanah berhari-hari untuk bisa mendapatkan sumber air bersih.

3. Tidak Membutuhkan Lahan yang Luas

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika membuat sumur bor yaitu tidak butuh lahan luas. Kebanyakan lubang sumur bor tersebut kecil dibandingkan dengan lubang sumur galian. Jadi jangan heran jika sumur bor diletakkan di pojok maupun di dalam rumah.

4. Tidak Perlu membayar Tagihan

Selain biaya pembuatan sumur bor Jogja terjangkau, dengan membuat sumur bor maka tidak perlu membayar tagihan bulanan.

Demikian berbagai informasi mengenai pembuatan sumur bor yang perlu diketahui. Jika tertarik untuk membuat sumur bor, pilihlah jasa yang menawarkan biaya pembuatan sumur bor Jogja terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *