Pemilihan Jasa Service Pompa Air Jogja yang Berpengalaman dan Terpercaya

jasa-service-pompa-air-jogja

Rumah yang menggunakan sumur bor biasanya menggunakan pompa air untuk menaikkan air sampai ke penampungan. Pompa air yang digunakan ini tentunya harus selalu dicek apakah masih berfungsi normal atau tidak. Apabila sampai tidak berfungsi maka harus memanggil jasa service pompa air Jogja untuk memperbaikinya.

Pompa air sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengambil air dengan hasil cepat dan mudah. Kapasitas air yang didapatkan dari pompa ini pun sangat banyak. Lebih banyak dibandingkan ketika mengalirkan air dari kran biasa.

Penyebab Pompa Air Bermasalah

Tidak selamanya pompa air yang digunakan untuk mengalirkan air dari sumur ke penampungan berfungsi dengan baik. Oleh sebab itulah pemilik harus bisa melakukan pemeriksaan dengan baik untuk menjaga kondisi pompa air. Berikut ini ada beberapa masalah yang menyebabkan pompa air jadi rusak.

1. Kabel putus

Umumnya mesin pompa air mati dikarenakan ada kabel yang putus. Hal ini tentunya tidak akan membuat listrik bisa masuk ke mesin dan bisa digunakan. Akan lebih baik jika bisa melakukan pengecekan atau memeriksa kabel listrik dan tidak ada yang putus. Apabila belum mengerti bisa memanggil jasa service pompa air Jogja untuk melakukan pengecekan.

2. Kran air tertutup

Masalah kedua yang menyebabkan pompa air mati adalah stop kran tertutup. Apabila stop kran air tertutup, tentu pompa air tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ini dikarenakan tekanan yang semakin tinggi akibat kran tertutup. Otomatis membuat pompa jadi memutuskan arus listrik dan membuat pompa air tersebut mati.

3. Kapasitor rusak

Penyebab lain yang membuat pompa air rusak adalah dikarenakan kapasitornya mati. Ketika kapasitor rusak, maka membuat dinamo tidak berputar. Jika ingin memastikan maka bisa mendengar suara menahan saat pompa dinyalakan.

Jika suara tersebut keluar, maka bisa dipastikan rusak dan harus segera diperbaiki. Apabila tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, maka bisa meminta bantuan jasa service pompa air Jogja untuk memperbaikinya. 

4. Dinamo terbakar

Lalu masalah lain yang membuat pompa air tidak bisa dipakai adalah karena motor dinamo terbakar. Dimana hal ini menyebabkan kerusakan total pada pompa air alias mati. Ketika terbakar, gulungan pada dinmo akan putus. Oleh karena itulah sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan gulungan dinamo dengan melihat fusenya.

Jika sudah terbukti rusak, maka harus segera diganti. Tetapi jika hanya gulungan terbakar maka harus digulung ulang atau diganti. Dengan begitu pompa air dapat bekerja untuk menarik air dari sumur bor ke penampungan yang ada.

Jenis-Jenis Pompa Air yang Ada

Untuk pompa air sendiri ada banyak macamnya dimana memiliki kinerja yang berbeda-beda pula. Apabila sampai salah pilih jenis pompa, tentunya berpengaruh pada kualitas mesin dan air yang dihasilkannya. Berikut ini beberapa jenis pompa air yang dapat dijadikan referensi.

1. Pompa air sumur dangkal

Termasuk ke dalam jenis pompa yang mempunyai daya hisap maksimal di kedalaman 9 meter. Cocok digunakan untuk hunian lahan semput dan skala pemakainnya ringan. Untuk pompa air dangkal ini pun juga ada beberapa kategori, yakni daya watt kecil dan semi jet.

2. Pompa air sumur dalam

Jenis ini dapat bekerja secara optimal menghisap air di kedalaman lebih dari 9 meter. Untuk pompa ini sering disebut sebagai jet pump dan umum dipakai di rumah-rumah tangga. Pompa air ini pun juga terbagi menjadi dua, yakni semi jet (semi jet pump) dan jet (jet pump).

Perbedaannya hanya pada tabung di pompa air jet, sedangkan untuk semi jet pump tidak memiliki tabung. Tabung yang dipakai ini dimanfaatkan untuk menambah kekuatan daya hisap dan daya pancar pompa.

3. Pompa air booster

Selanjutnya ada pompa air booster yang biasanya dipasang di tengah instalasi pipa air. Fungsi dari pompa ini adalah memperkuat daya pancar aliran air di dalam instalasi pipa air dalam rumah. Biasanya pompa ini dipakai di rumah yang memiliki alat water heater (pemanas air).

4. Pompa air celup

Sesuai dengan namanya, pompa ini cara pasangnya dicelup atau dibenamkan ke dalam air. Fungsinya adalah untuk menyedot air dan mengalirkan ke dalam alat penyair air. Pompa air celup ini banyak digunakan pada akuarium, dikarenakan daya pancarnya hanya lebih dari 5 meter.

5. Pompa air diesel

Kemudian ada pompa air yang menggunakan mesin diesel dari solar, dimana dipakai memompa air dengan volume debit air yang besar. Umumnya pompa air diesel dipakai untuk pengairan pada sawah, ikan, dan kebun. Kelebihan yang ditawarkan adalah lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Tips Memilih Jasa Service Pompa Terbaik

Apabila terjadi kerusakan pada pompa dan tidak bisa memperbaikinya sendiri, pilihan terbaik meminta bantuan jasa service pompa. Akan tetapi untuk menemukan jasa service pompa air Jogja yang benar-benar berpengalaman tentunya tidak mudah. Gunakan beberapa pertimbangan berikut untuk memilih yang tepat.

1. Cari tahu informasi lengkapnya

Sekarang ini untuk menemukan jasa service pompa memang bukan hal sulit. Tetapi untuk mendapatkan yang benar-benar berpengalaman tentunya tidak mudah. Jika sudah menemukan beberapa jasa service pompa, ada baiknya untuk mencari informasi sebanyak mungkin.

Semakin banyak informasi yang didapatkan maka bisa dijadikan referensi untuk membuat pertimbangan. Hal kecil sekalipun bisa dijadikan pertimbangan agar tidak salah pilih jasa service pompa air nantinya.

2. Ketahui pengalamannya

Setelah menemukan informasi secara lengkap, maka bisa mencari tahu pengalaman jasa service pompa air Jogja tersebut. Sudah umum jika setiap jasa service mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Ada jasa service yang sudah memperbaiki ratusan pompa air, tetapi lainnya belum sampai 50.

Skill yang dimiliki oleh jasa service memang menjadi bahan pertimbangan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka jasa tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang.

3. Bisa dipanggil atau tidak

Lalu pastikan apakah jasa service tersebut bisa dipanggil ke rumah atau tidak. Akan lebih menguntungkan jika bisa memilih jasa service pompa air yang bisa dipanggil ke rumah. Sebab dengan begitu tidak perlu membawa pompa air ke lokasi service karena pastinya akan lama.

4. Pertimbangkan garansinya

Sudah hal lumrah jika biaya jasa service pompa air Jogja berbeda-beda, sebab tergantung seberapa parah kondisi kerusakan. Namun hal lain yang harus diperhatikan adlah mengenai garansinya. Sebaiknya pastikan bahwa jasa tersebut mampu memberikan garansi kepada pelanggan.

Adanya garansi tentunya akan membuat pelanggan jadi lebih aman. Untuk garansi sendiri pun biasanya hanya 3-7 hari setelah diperbaiki. Berbeda ketika membeli pompa air baru yang memiliki garansi bisa sampai satu tahun lamanya.

Demikianlah beberapa tips memilih jasa service pompa air Jogja, kerusakan yang sering terjadi pada mesin, dan jenis-jenisnya. Sangat penting bagi pemilik pmompa air untuk bisa melakukan perawatan pompa air agar tidak mudah rusak dan mati. Juga pastikan memilih jasa service pompa air terbaik dan berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *